Selasa, 04 Desember 2012

Bagian-bagian mesin cuci semi otomatis

Berikut ini adalah komponen-komponen mesin cuci semi otomatis dan kegunaanya.

1.  Motor 
     Berfungsi untuk menggerakkan pulsator pencuci dan pengering.




      Motor mesin cuci sering tidak berfungsi karena putusnya kabel - kebel ke motor, Biasanya kabel2 yang putus karena digigit tikus atau bisa juga karena panas yang berlebih karena arus yang besar sehingga kabel hangus. Panas yang berlebih juga menyebabkan putusnya kumparan/lilitan dalam motor sehingga motor harus diganti dengan lilitan yang baru. 
      Agar motor mesin cuci awet maka baiknya, mencuci pakaian setengah dari kapasitasnya. Membersihkan kotoran-kotoran yang mungkin dibawa oleh tikus dalam bodi mesin cuci, dan menutup lubang-lubang di bodi mesin cuci agar tidak dapat dimasuki oleh tikus.

Gambar motor cuci dan pengering yang sudah lama (berkarat) :

Motor cuci lama

Motor pengering lama



2. Gear Box
          Bagian yang menggerakan pulsator, bagian ini sering aus karena beban yang berlebih., Bahan gear box ini terbuat dari plastik, sehingga panas yang berlebih dapat merusak gearnya.  Gear box dihubungkan dengan motor melallui tali kipas. Ujung as dihubungkan dengan  pulsator.

Gear baru

Gear terpasang pada tabung cuci



3. Tali kipas  : 
     Menghubungkan motor cuci dengan pulsator, motor pengering dengan tabung pengering.



      Tali kipas biasanya akan putus bila pemasangannya tidak senter, atau tepat.. Bahkan bila   pemasangannya kurang pas akan memberatkan motor untuk menggerakan pulsator .

       Tali kipas yang tidak pas panjangnya akan mengakibatkan daya cucinya menjadi berkurang. Bila kepanjangan, tali kipas kendor dan putaran air lemah, bila kependekan, tali kipas sangat ketat dan mengakibatkan motor memutar terlalu berat, menjadi panas dan mengakibatkan keausan gearbox.


4.   Pulsator
     Merupakan bilah yang dapat bergerak memutar bolak balik, berfungsi untuk menciptakan pusaran air yang akan mencuci dan membilas pakaian. Pulsator akan cepat rusak bila selalu mendapat beban yang berlebih. lain . Apalagi bila dalam tabung mesin cuci terdapat benda-benda seperti peniti, baut, koin, kunci atau benda lain yang keras dan tajam.
    



5.  Tabung pencuci 
      Merupakan tempat pakaian kotor yang akan dicuci atau dikeringkan


Tabung pengering


6.  Lid switch 
    Berfungsi untuk mengontrol apakah tutup mesin cuci dalam keadaan terbuka atau tertutup. Bila tutup mesin cuci terbuka maka mesin cuci tidak bisa beroperasi, switch ini berfungsi sebagai pengaman

7.  Control dan Monitor 
      Merupakan otak dari mesin cuci. 

Saklar kontrol nampak dari atas


 Saklar kontrol nampak dari dalam



8.   Selang masuk air
       Selang untuk memasukkan air dalam tabung mesin cuci.dilakukan secara manual.


9.  Selang pembuangan air 
    Merupakan saluran buang dari air hasil pencucian, Selang yang semi otomatis dibuka dan ditutup oleh karet, adanya kotoran atau benda kecil seperti peniti dapat mengganggu saluran buang.


 


10. Kapasitor :
      Komponen elektronika yang dihubungkan dengan motor cuci dan pengering



      Bila kapasitor terbakar, biasanya akan tercium bau hangus, akan mengakibatkan motor tidak berfungsi. Kerusakan kapasitor juga ditandai dengan adanya gembungan pada badan kapasitor.



      

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar